Tuesday, August 25, 2009

P2K UAD Bertepatan dengan HUT Ke-64 RI

Program Pengenalan Kampus (P2K) bagi Mahasiswa Baru Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Tahun Akademik 2009/2010 merupakan program orientasi pengenalan kampus UAD yang meliputi pengenalan: program studi, Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK), organisasi kemahasiswaan, struktur kelembagaan, dan berbagai informasi lain yang sangat penting bagi mahasiswa baru. Kegiatan tersebut dimulai pada Senin (17/08/09) di Kampus 3 UAD, bertepatan dengan HUT ke-64 Republik Indonesia.

Pada acara Pembukaan P2K 2009 yang diikuti oleh Mahasiswa Baru (Gel. I dan II Tahap I; belum termasuk Mahasiswa Baru Gel. II Tahap 2 dan Gel. 3) berjumlah 2665 mahasiswa, Rektor UAD, Drs. H. Kasiyarno, M.Hum. sebagai Inspektur Upacara menyampaikan bahwa pelaksanaan P2K bagi Maba UAD 2009 dirancang pelaksanaannya bertepatan dengan HUT ke-64 RI adalah sebagai langkah refleksi untuk mengenang kerasnya perjuangan para pahlawan dan pejuang dalam mewujudkan Indonesia merdeka. Harapannya, para mahasiswa baru/generasi muda dapat menauladani semangat perjuangan para pahlawan kita yang pantang menyerah, gigih, kerja keras, dan bertanggung jawab untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari serta menumbuhkan rasa nasionalisme.

Pada kesempatan tersebut, Rektor UAD juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang masih menaruh kepercayaan kepada UAD sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi untuk terus berperan serta dalam pengembangan intelektual di Indonesia. Kepercayaan masyarakat tersebut tidak hanya sebagai harapan kosong, mengingat UAD tidak hanya Go-nasional, akan tetapi juga Go-internasional, yaitu dengan adanya mahasiswa UAD yang berasal dari luar negeri pada kurun waktu 5 tahun terakhir. Minat mahasiswa asing yang kuliah di UAD dari tahun ke tahun semakin meningkat, terbukti pada tahun ini 39 mahasiswa Cina dan Thailand akan menempuh kuliah di Perguruan Tinggi milik Persyarikatan Muhammadiyah ini.

Setelah upacara, kegiatan P2K dilanjutkan dengan berbagai macam acara. Bagi mahasiswa FTI, FMIPA, Farmasi dan FKM mengikuti materi keorganisasian mahasiswa, sedangkan mahasiswa dari FKIP, Sastra, Hukum, Psikologi, Ekonomi, dan FAI melakukan longmarch dari Kampus 3 Jl. Prof. Dr. Soepomo, Janturan menuju ke Kampus 1 di Jalan Kapas untuk mengunjungi stand pameran Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UAD. Long march tersebut dipimpin oleh Wakil Rektor III, Drs. H. Muchlas, M.T. didampingi oleh Afan Kurniawan, S.T., M.T (Ketua Panitia P2K) dan Danang Sukantar, S.Pd. (Kaur Kemahasiswaan).

Kunjungan ke stand pameran UKM UAD bertujuan untuk mengenalkan kepada mahasiswa baru UAD tentang berbagai UKM yang ada di UAD, informasi kegiatan-kegiatan yang telah mereka laksanakan, prestasi-prestasi yang pernah diraih, sekaligus sebagai ajang rekrutmen anggota baru. Harapannya, agar mahasiswa baru UAD dapat memilih UKM mana yang paling mereka pilih untuk diikuti guna pengembangan potensi bakat dan minat masing-masing. [Universitas Ahmad Dahlan | Dhian Hari M.D. Atmaja | Editor: Danang Sukantar].

Posted by FaiK Fauzi (http://faik-mulachella.blogspot.com)
Divisi KPF BEMF FARMASI UAD