Monday, May 18, 2009

Hewan Haram Pembawa Penyakit

Babi, berita tentang hewan haram satu ini tidak ada habisnya belum selesai berita tentang isu dendeng babi, abon babi, hingga daging sapi oplosan babi kini muncul lagi kejadian yang lebih fenomenal yakni berita tentang Flu babi. Penyakit yang konon berasal dari Meksiko ini telah menewaskan 149 warga Meksiko. Sehingga negara- negara lain langsung dengan sigap mengantisipasi persebaran virus H1N1. Pemerintah Indonesia sendiri melalui instansi terkait mulai gencar melakukan pemeriksaan, khususnya untuk warga negara asing yang masuk ataupun warga negara Indonesia itu sendiri. Hal ini dapat dilihat dengan pemasangan Thermal Scanner yang merupakan alat pengukur suhu badan untuk mendeteksi dini terjangkitnya flu babi di 6 pintu masuk. 6 pintu masuk tersebut diantaranya bandara Soekarno-Hatta Jakarta, Ngurah Rai Bali, Hary Nadim Batam, Polonia Medan, Pelabuhan Tanjung Priuk Jakarta dan Pelabuhan Batam Center Batam. Selainitu juga Departemen Pertanian melalui Badan Karantina pun telah mengambil tindakan dengan menghentikan impor daging babi ke Indonesia. Sedangkan pengertian flu babi itu sendiri adalah penyakit influenza yang disebabkan oleh virus influenza A dengan subtype H1N1.
Virus ini dapat ditularkan oleh hewan terutama babi, dan tidak menutup kemungkinan ditularkan antar manusia. Cara penularannya sendiri dapat dari media udara dan kontak langsung antar penderita & orang deketnya. Dan gejalanya pun mirip dengan influenza biasa seperti lemah, letih, demam, batuk, pilek, lesu, nyeri tenggorokan, sesak napas yang disertai mual, muntah dan diare. Flu babi ini dapat menyebabkan kematian, hal ini mungkin disebabkan oleh gangguan paru atau pneumonia.
Penyebaran virus flu babi dapat dicegah dengan pola hidup sehat dan bersih. Seperti mencuci tangan sebelum makan, setelah buang air besar dan setelah kontak fisik dengan hewan sedangkan pengobatannya menurut Menkes sama dengan Flu burung yakni Tamiflu.


By: Via Hayati
Staff Divisi KPF BEMF Farmasi UAD