Monday, October 31, 2011

“Stop Dreaming Start Action”












“Apakah anda pernah bermimpi?” Pertanyaan seperti ini sepertinya tidak perlu dijawab karena saya yakin setiap orang pasti pernah bermimpi. Lalu pertanyaan selanjutnya adalah “Apakah anda pernah bermimpi indah?”. Saya juga yakin bahwa setiap orang di bumi pernah merasakan yang namanya mimpi indah (sweet dream). Dreaming atau bermimpi, tidak hanya terjadi ketika kita sedang tidur saja. Namun bermimpi ini awalnya terjadi ketika kita sadar dan berpikir bahwa itulah yang kita inginkan. Tentu anda pernah bercita-cita ingin menjadi seseorang yang anda idolakan, seperti apoteker/pharmacist, akuntan, dute besar, atau menjadi seorang pengajar. Pada saat itu tentu anda dalam keadaan sadar bukan? Anda berpikir jika mendapat gelar seperti itu maka akan mengangkat derajat hidup anda dan menjadi lebih dihormati oleh orang lain. Banyak sekali alas an seseorang untuk bermimpi tentang sesuatu yang sangat mereka inginkan. Oleh karena itu konsep “Stop Dreaming Start Action” sangat penting untuk memulai langkah kita menggapai cita-cita itu.
“Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia” oleh Andrea Hirata. Merk otomotif terkenal Honda, dengan filosofi yang cemerlangnya “The Power of The Dream”. Bahkan Bapak Proklamator kita, Sokearno dengan ucapannya “Gantungkan cita-cita dan impianmu stinggi langit karena bila jatuh akan sangkut di awan jua, karena itu jangan menggantungkan cita-cita dan impian hanya setnggi tiang listrik karena bila jatuh akan langsung ke tanah”. Semua kata-kata diatas pada intinya menunjukkan agar kita selalu mempunyai cita-cita dan impian yang tinggi sebagai cahaya hidup. Dan tentu saja dreaming yang dimaksud bukan sekedar dreaming without start action (bermimpi tanpa mulai meraihnya). Tetapi bermimpi untuk menjadikannya sebagai motivasi dalam meraih sukses hidup dan mulai berusaha mewujudkan mimpi itu menjadi sebuah kenyataan.

Sebagaimana tersebut dalam berbagai pesan diatas dreaming tidak dilarang, malah dianjurkan sebagi penyemangat hidup. Dan beruntunglah bila anda salah seorang yg stop dreaming start action (berhenti bermimpi dan mulailah meraihnya), begitu anda mendapat sweet dream tersebut. Namun merugilah bila anda termasuk a dreamer witouht start action. Maksudnya ialah begitu anda mendapat sweet dream mengenai sesuatu, maka stop dreaming (berhentilah bermimpi) akan sesuatu hal itu. Dan start action (mulailah meraihnya) untuk mencapai sweet dream tersebut. Jangan sebaliknya, ketika sweet dream di didapat seketika itu juga anda melupakannya tanpa melakukan action sebagai usaha membuatnya menjadi kenyataan.
Saya akan berikan contoh sebuah perjalanan hidup dengan komitmen stop dreaming start action yang pada akhirnya mengantarkan beliau hidup menjadi seorang yang sukses, beliau ialah Bapak Joko Susilo. Beliau lahir dengan keadaan ekonomi yang susah dan berpenghasilan pas-pasan ketika merantau untuk bekerja di Jakarta. Sweet dream Bapak Joko terjadi pada tanggal 20 April 2001. Pada saat itu beliau baru mengenal internet dan melihat potensi untuk  menghasilkan uang sungguh luar biasa. Bila kita diposisikan sebagai Pak Joko maka mungkin kita hanya bermimpi, indahnya hidup bila saya memiliki penghasilan besar dengan hanya duduk manis didepan komputer sambil berinternet ria. Namun kemudian mungkin anda berpikir, tidak mungkin ada pekerjaan seperti itu didunia ini dan melupakannya begitu saja tanpa action.
Berbeda dengan Bapak Joko Susilo. Seminggu setelah sweet dreamnya tersebut, beliau memutuskan stop dreaming start action. Dengan modal nekat dan tanpa pegetahuan internet yang memadai, beliau pamit meninggalkan pekerjaan dan pergi kekampung halaman, Semarang. Bahkan hanya dengan tabungan yang kurang dari Rp. 500 ribu, beliau memutuskan untuk start action. Dan tentunya bukan tanpa hambatan, selama 10 bulan beliau tidak menerima sepeserpun dari action tersebut. Orang tua dan keluarga beliaupun mulai resah dan menasehati untuk sadar dan segera kembali ke jalan yang benar. Sampai akhirnya tanggal 7 Januari 2002, beliau menemukan strategi sederhana untuk menhasilkan uang melimpah dari internet. Dengan melakukan persiapan selama 7 hari dan dengan perasaan yang berdebar-debar. Akhirnya sejak tanggal 15 Januari 2002, rekening beliau mulai dialiri rupiah tanpa henti. Saat tidur dan berlibur pun, uang tanpa absen hadir dalam rekeningnya.
Berikut saya sajikan beberapa kiat-kiat menjadi seorang wirausahawan mandiri yang dimuat di website Pak Joko Susilo :
1.                  Kerja keras. Kerja keras itu nikmat. Seperti saat anda sehabis berolahraga dan merasakan cucuran keringat membasahi badan, seperti itu kenikmatan yang anda rasakan dengan menjadi wirausaha mandiri. Hasil yang anda dapat merupakan buah dari keringat tangan sendiri.
2.                  Atur waktu. Waktu merupakan aset penting bagi wirausahawan. Oleh karena itu, pengelolaan waktu yang baik sangat vital bagi wirausahawan. Sebagai wirausaha, anda harus mampu secara mandiri mengatur waktu untuk menjalankan jadwal-jadwal bisnis anda.  Keleluasaan mengatur waktu itu bukan sekedar kebebasan menjalani hidup, tapi lebih dari itu merupakan kemerdekaan anda sebagai wirausahawan.
3.                  Atur strategi. Seperti pemain catur yang menyiapkan bidak-bidaknya untuk dimainkan, begitupun dengan pengusaha, mereka mesti atur strategi bisnis untuk melakukan ini-itu agar bisnisnya bertambah menjulang. Rencana dan eksekusi pun dijalankan. Sebagai pengatur strategi, anda bisa menikmati bagaimana momen-momen menegangkan dan mengharukan saat ACTION-ACTION yang anda lakukan mulai mendatangkan hasil.
4.                  Menikmati resiko. Resiko adalah tantangan yang anda nikmati sebagai wirausaha. Laksana melewati bongkahan batu-batu besar dan menaklukkan derasnya aliran sungai saat berarum jeram, anda tundukkan resiko terlempar dari perahu karet, terbentur batu sungai atau bahkan terjun ke dalam sungai.
Bahaya dan resiko bisnis merupakan bagian menyenangkan dari nikmat seorang wirausaha. Wirausaha sejati selalu suka tantangan dan menerobos kebekuan inovasi bisnis demi memberikan yang terbaik pada masyarakat.
5.                  Belajar melayani. Pelayanan adalah salah satu kunci keberhasilan sebuah usaha. Sebagai wirausaha, anda dituntut mampu melayani orang lain sebaik-baiknya. Sebuah kenikmatan yang sangat membahagiakan saat anda melayani konsumen anda dengan baik. Coba rasakan…
6.                  Belajar melihat dari sisi berbeda. Bila selama menjadi konsumen, yang dilihat hanya soal berapa harga barang yang diinginkan dan apa manfaatnya. Namun sebagai pengusaha mandiri, anda dituntut melihat melampaui hal itu.
Bukan sebatas melihat dari sisi pengusaha seperti menghitung sisi biaya atau cost, namun juga tak bisa mengabaikan sisi konsumen seperti bagaimana mereka memandang produk anda, seberapa baik jasa/produk anda mampu melayani konsumen. Anda juga belajar bagaimana mengamati situasi bisnis terkini.
7.                  Menginspirasi. Bagi saya, entrepreneur atau wirausaha selalu menginspirasi. Kita bisa belajar dari kerja keras mereka, dari visi-visi mereka, dari ACTION mereka.
Semangat wirausaha menghidupkan harapan bahwa hari esok lebih baik dari hari ini. Bukan hanya bagi orang lain, menjadi wirausaha juga bisa menginspirasi diri sendiri.
8.                  Berbagi. Menjadi wirausaha yang mandiri berarti anda lebih punya kesempatan untuk berbagi dengan orang-orang yang tak seberuntung anda. Penghasilan besar yang anda dapatkan merupakan titipan yang harus juga diberikan pada orang-orang yang membutuhkan.
9.                  Ikut menyejahterakan orang lain. Menjadi wirausaha berarti membuka lapangan kerja baru. Ikut membantu orang-orang agar ACTION bersama anda. Ikut mengalirkan distribusi pendapatan ke banyak orang. Saya yakin anda pasti bahagia melakukannya.
10.              Penghasilan sesuai keinginan. Dengan memilih jalan wirausaha, artinya anda sudah menetapkan diri untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan. Tak ada slip gaji, tapi penghasilan yang anda terima merupakan hasil dari kerja keras dan nikmat Tuhan.
Menjadi wirausaha adalah pilihan luar biasa. Ada banyak cara untuk memulainya, salah satunya adalah dengan menjadi wirausaha online.
Putuskan dan ACTION-kan!
Contoh tersebut hanya satu dari banyak orang di Indonesia khususnya, yang telah berkomitmen dalam hidupnya untuk stop dreaming start action. Karena itulah, saya ingin mengajak anda bergabung dalam kehidupan masa depan yang lebih baik dengan komitmen ”stop dreaming start action”. Jika anda setuju dengan saya, maka mulailah mewujudkan sweet dream anda dari sekarang untuk meraih masa depan yang lebih baik. J